Jasdibahrun's Blog

Nikmatnya Al-Quran dengan pemahaman

BELAJAR AL-QURAN TIGA DIMENSI


BELAJAR AL-QURAN TIGA DIMENSI
[TATA BAHASA TERJEMAH DAN PEMAHAMAN]

Allah Swt menurunkan al-Quran untuk jadi pedoman, panduan serta tuntunan bagi manusia, sebagaimana firman-Nya dalam surat al-Baqarah ayat 185. Begitu pentingnya masalah ini sehingga Allah Swt mengulangi penyebutan kata pedoman [al-Huda] sebanyak 79 kali dalam al-Quran.

Manusia yang disebut oleh Allah dalam ayat diatas adalah bersifat umum, yaitu semua manusia. Keumuman ayat tersebut kemudian dikhususkan oleh ayat 2 dan 77 surat an-Naml. Dalam dua ayat diatas Allah Swt menyebutkan bahwa Al-Quran adalah pedoman bagi orang-orang yang beriman. Bahkan ayat ke dua surat al-Baqarah Allah mengkhususkan orang mukmin dalam kedua ayat diatas dengan orang yang bertaqwa [muttaqien]

Yang jelas bahwa al-Quran adalah pedoman yang wajib difahami kandungan maknanya dan kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi yang bersifat menyeluruh baik berupa keyakinan, ucapan, perbuatan serta sikap. Pengamalan seluruh ajaran Al-Quran tersebut tidak mungkin dapat direalisasikan tanpa terlebih dahulu memahami. Ini berarti bahwa pemahaman harus mendahului pengamalan. Pemahaman tidak akan sempurna bila tidak melakukan kajian yang menyeluruh terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengannya. Salah satu persoalan penting untuk memahami al-Quran adalah masalah bahasa.

Bicara masalah bahasa paling tidak berhubungan dengan tiga hal: yaitu tata bahasa, kandungan maknanya dan pemahaman.

Karena al-Quran berbahasa arab maka berarti bahwa kewajiban yang pertama setelah membacanya adalah mempelajari bahasa arab yang mencakup ketiga unsur diatas.

Alllah Swt menyebutkan bahwa al-Quran berbahasa arab serta tujuan yang menyertainya paling tidak terulang sebanyak lima kali dalam al-Quran. Kelima ayat tersebut adalah:

1. Surat Yusuf 12: ayat 2
2. Surat al-Zukhruf 43: ayat 3
3. Surat al-Zumar 39: ayat 28
4. Surat Fushilat 41: ayat 3
5. Surat al-An’am 6: ayat 92.

Allah Swt menurunkan al-Quran berbahasa arab seperti disebutkan dalam ayat-ayat diatas diantaranya bertujuan agar mempergunakan akal [ surat Yusuf :2 dan al-Zukhruf:3], bertaqwa [az-Zumar:28] agar menuntut ilmu dan mengetahui [surat Fushshilat:3 serta untuk memberi peringatan bagi penduduk kota Mekkah dan orang-orang yang disekitarnya [al-An’am:92].

Di sisi lain persoalan bahasa arab [al-Quran] bagi mayoritas umat Islam Indonesia diyakini sebagai sesuatu yang sulit. Pemberian label sulit tersebut hemat penulis lebih bersifat emosional dan subjektif. Karena paling tidak empat kali Allah mengulang kalimat yang sama yang menyebutkan bahwa Allah telah memudahkan al-Quran untuk dipelajari. Yaitu surat al-Qamar 54:ayat 17,22,32 dan 40.

ولقد يسرنا القران للذكر فهل من مدكر
Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah memudahkan al-Quran untuk dijadikan pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

Persoalannya menurut penulis adalah bukan terletak pada kemudahannya melainkan pada kemauan dan kesungguhan. Kalaupun Allah berulang kali mengatakan mudah namun tidak memiliki kemauan yang kuat dan bersungguh-sungguh maka yang mudah akan menjadi susah. Wajar kalau ayat diatas diakhiri dengan pertanyaan [maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran].

Sudah menjadi kebiasaan umum umat Islam menerima segala sesuatu apa adanya, tanpa mempertanyakan serta menguji kebenarannya. Termasuk di dalamnya persoalan bahasa arab al-Quran. Pengalaman yang saya dapati semenjak tahun 1995 hingga saat ini dalam mengajar bahasa arab al-Quran justru memperlihatkan sebaliknya. Terlebih lagi bila melihat usia peserta yang mayoritas diatas 30 tahun keatas. Oleh kebanyakan orang usia seperti itu selalu dijadikan kambing hitam atau bahkan pembenaran asumsi mereka.

Berdasarkan pengalaman diatas, saya ingin memanfaatkan media ini untuk minimal meluruskan asumsi bahwa bahasa arab al-Quran itu sulit. Sekaligus berusaha semaksimal mungkin untuk membuktikan kebenaran firman Allah diatas. Tujuan akhirnya tentu ingin membantu umat Islam untuk memahami al-Quran melalui bahasanya serta mencari ridha Allah Swt.

Jakarta,3 Oktober 2010

JASDI BAHRUN
Hp: 0812 9461 389
Email: jasdibahrun@yahoo.co.id
Blog: jasdibahrun.wordpress.com

October 3, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: